by

Tiga Cara Bentuk Herd Immunity COVID-19

-Opini-1 Views

Oleh: Dr. Malik Saefudin, S.Km,.M.Kes (Ahli Epidemiologi Poltekkes Pontianak)

PONTIANAK — Sudah lewat setahun tapi belum ada tanda-tanda pandemi COVID-19 akan berakhir, bahkan pada 3 bulan terakhir terjadi peningkatan yang signifikan. Harus ada upaya yang ditempuh untuk mengakhiri pandemi adalah dengan membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.
“Herd immunity itu harus mencapai 70-80 persen dari populasi harus dibuat kebal,” kata Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof Amin Subandrio, di konferensi pers BNPB, Jumat (12/3/2021).

Dalam sebuah permodelan data, butuh sekitar sekitar 180 juta orang di Indonesia mendapat kekebalan COVID-19 untuk bisa membentuk herd immunity. Tak hanya vaksinasi, ada ragam cara membentuk kekebalan terhadap virus Corona.
Pertama yakni mengonsumsi makanan sehat dan vitamin untuk membentuk kekebalan. Kedua, dengan membiarkan suatu populasi terkena virusnya sendiri sehingga terjadi imunitas alami. “Tapi cara ini tidak etis,”.

Cara paling baik untuk membentuk herd immunity adalah dengan vaksinasi.
Pembentukan herd immunity, merupakan kondisi yang ideal untuk menghentikan transmisi atau penularan dari SARS-Cov2 atau COVID-19, dengan minimal 70 persen penduduk itu harus punya immunity, dengan kata lain program vaksinasi, minimal harus mencapai 70 persen jumlah penduduk harus divaksin yaitu sekitar 181,5 juta warga
Namun saat ini pelaksanaannya masih jauh Jadi tidak mungkin herd immunity terjadi sendirinya tanpa vaksinasi. Vaksinasi Covid baru mencapai 27,56 persen, jauh dari persayaratan terbentuknya herd immuniy yaitu jika sudah mencapai 70-80 persen.

Tidak mungkin herd immunity terjadi sendirinya tanpa vaksin, harus ada kegiatan vaksinasi Covid-19 yang harus dilakukan tepat sasaran dan mencapai target.

Jadi ketika sebagian besar penduduk itu imun terhadap penyakit menular maka ini akan menghasilkan perlindungan secara tidak langsung atau yang disebut herd immunity tersebut. Terutama untuk yang tidak imun terhadap penyakit tersebut.

Pentingnya vaksin atau herd immunity adalah untuk kekuatan daya tahan tubuh manusia. Dapat dikatakan, vaksin menjadi pelindung secara tak langsung tubuh manusia.

Jadi memang pentingnya herd immunity atau vaksin nantinya kita ingin memastikan kebanyakan penduduk itu nanti bisa tahan atau punya daya tahan terhadap penyakit COVID-19, ini artinya menjadi pelindung secara tidak langsung paling tidak yang belum punya imunitas terhadap COVID-19 misalkan kalau untuk kelompok yang kebetulan belum mendapat giliran mendapatkan vaksinasi.
Oleh karenanya Vaksin harus dulakukan dg baik dan sampai tuntas agar herd immunity dapat tercapai.

Semoga Upaya pemerintah Indonesia dari pusat sampai daeah mempercepat pencapaian target vaksin pada penduduk hingga 70 peesen dapat tercapai. Mari kita dukung pencapain herd immunity yang aman, dengan lebihbperduli dan ikut serta dalam program vaksin, sambil tetap menjaga protokol kesehatan dengan optimal. Semoga****

Comment

News Feed