by

Rektor IKIP PGRI Pontianak Sampaikan Pernyataan Resmi Atas Tuntutan Mahasiswa

TepianKapuas.Com, PONTIANAK– Rektor IKIP PGRI Pontianak, Rustam sampaikan pernyataan resmi terkait tuntutan mahasiswa.

Unjuk rasa yang dilakukan aliansi mahasiswa tersebut berlangsung Kamis (18/6) dan berlanjut Senin (21/6) di halaman rektorat. Dalam aksinya mahasiswa menuntut biaya daftar ulang turun sebesar 20 Persen. Selasa (22/6).

Ditemui di ruang kerjanya, Rustam mengatakan telah lakukan audiensi dengan mahasiswa.

Dalam pertemuan tersebut, Ia menyampaikan jika pihaknya melalui Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) selalu mengikuti perkembangan keputusan Kemendikbud dalam upaya menyikapi kondisi mahasiswa yang terdampak ekonomi akibat Covid-19.

“kami selalu memantau keputusan menteri untuk solusi bagi yang terdampak secara ekonomi, Alhamdulillah IKIP PGRI Pontianak mendapatkan kuota Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 200 orang dan bantuan untuk semester 2, 5 dan 7 cuma secara teknis kita masih menunggu dari pak menteri, itu wujud kepedulian kami terhadap kondisi mahasiswa,” Ujarnya.

Untuk perkuliahan jarak jauh, pihaknya memberikan subsidi kuota internet sebesar 120 ribu untuk setiap mahasiswa. Kemudian melalui mitra seperti perbankan, juga telah mendapatkan bantuan beasiswa.

” Tindak lanjut kami dari bantuan beasiswa tersebut, yakni dengan mendata mahasiswa berprestasi, bidikmisi dan yang benar-benar tidak mampu melalui masing-masing prodi,” Tuturnya.

Dia menegaskan jika dalam kondisi terdampak pandemi, pihaknya telah melakukan berbagai upaya meringankan beban mahasiswa. Salah satunya dengan skema pembayaran bertahap atau di cicil.

Meskipun diakuinya belum bisa jika harus menurunkan biaya daftar ulang sebesar 20 Persen, mengingat tidak semua mahasiswa yang terdampak secara ekonomi.

” Kondisi mahasiswa terbagi dengan kategori sangat mampu, mampu, kurang mampu dan tidak mampu, maka perlu untuk di data agar tepat sasaran. Setelah terdata, akan diarahkan untuk mendapat keringanan atau beasiswa yang disediakan,”

” Untuk biaya daftar ulang, IKIP PGRI Pontianak merupakan PTS dengan biaya relatif murah di Kalbar, silakan saja di cek biaya daftar ulang kita dan bandingkan dengan PTS lain Kalbar,” Ujarnya.

Rustam berharap kepada mahasiswa untuk meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik agar dapat berkompetisi mendapatkan berbagai beasiswa.

” Kami juga menekankan kepada mahasiswa agar tingkatkan prestasi, supaya bisa mendapatkan beasiswa yang disediakan, semuanya kita buka secara adil tanpa dipilah,”

” Saat ini, kampus juga sedang berbenah, banyak fasilitas, sarana prasarana kampus yang sudah dan akan di bangun, termasuk akan mendirikan beberapa prodi S2. Perlu kita perhatikan bersama berdasarkan prediksi APTISI jika kondisi seperti ini berlangsung hingga 2 sampai 3 bulan kedepan, akan banyak PTS yang kesulitan dalam finansial bahkan terancam koleb. Maka dari itu kami perlu dukungan semua pihak termasuk mahasiswa,” lanjutnya.

Pewarta : Azmi

Comment

News Feed