by

Pusling di Kapuas Hulu Jajaki Kecamatan Hingga Desa

TepianKapuas.Com, KAPUAS HULU
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu bersama Aipda Belmi Siallagan dan Penggiat Transformasi Literasi Kapuas Hulu laksanakan perpustakaan keliling (Pusling) di berbagai Kecamatan dan Desa. Kegiatan berlangsung sejak hari Kamis (2/7) lalu.

Kegiatan ini merupakan program pemberdayaan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Tim mengunjungi TBM Ngudi Kaweruh Trans Kalis, PKBM
(Pusat kegiatan Belajar mengajar) Hulu Gurung di Jalan Lintas Selatan Tepuai, TBM Desa Semangut ,TBM Desa Intan Mentebah, TBM Desa Sambus, Taman Alun Putussibau dan TBM Sungai Uluk di jalan Putussibau-Bika Desa Sui Uluk Kecamatan Putusibau Selatan.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kapuas Hulu, Muhtarudin menyampaikan pada saat dia menghadiri Rakornas di Jakarta (25/2) lalu, Pemerintah Pusat sangat mendukung giat Literasi ini. Sabtu (11/7).

Ia mengatakan saat itu, Mendagri, Tito Karnavian yang hadir dalam Rakornas menyatakan jika literasi harus digerakkan guna pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, inovatif, serta memiliki kreativitas demi terwujudnya masyarakat berpengetahuan dan berkarakter.

” Dalam rakornas tersebut ternyata berbagai macam Profesi seperti Polisi, Guru, Petani dan lainya terjun dalam giat Literasi di Indonesia,” Ujarnya.

Muhatarudin menambahkan, dalam menumbuhkan minat baca anak dimasa Pandemi Covid 19, instruksi Gubernur Kalbar harus menggerakan Kalimantan Barat membaca dan pemberdayaan Perpustakaan Keliling.

” Perpusda keliling Kapuas Hulu sebagai implementasi dari instruksi Gubernur Kalbar, kami menggadeng Bapak Belmi, Anggota Polres Kapuas yang merupakan penggiat Transfomasi Literasi Kapuas Hulu yang sudah merintis Taman Bacaan Ngudi Kaweruh Trans Kalis dan Taman Bacaan Shalom Kedamin darat,” Tambahnya.

Dalam giat Perpustakaan Keliling Kapuas Hulu tim selalu sosialisasi tentang Protokol Kesehatan kepada anak-anak.

” Kami selalu menyampaikan selalu cuci tangan sebelum beraktivitas, menggunakan masker, jaga jarak dan membagikan masker serta kaos kepada anak anak binaan,”. Kata. Almiyati, Kabid Perpustakaan Kapuas Hulu.

Sementara itu, Aipda Belmi mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas Perpustakaan Kapuas Hulu yang telah melibatkan dirinya dalam giat literasi ini.

Ia juga meng-apresiasi jalannya kegiatan dan berharap giat serupa berkesinambungan.

” Puji Tuhan saya bersyukur mendapatkan kepercayaan dari pihak Dinas untuk mendampingi Perpustakaan Keliling ini dan di daulat sebagai pegiat transformasi literasi,”

” Sebelum kegiatan ini dimulai saya terlebih dahulu izin kepada Pimpinan dan mendapat dukungan.
Semoga giat ini berkelanjutan untuk mencerdaskan anak bangsa,” imbuh Belmi. [Red]

Comment

News Feed