by

PPKM Level 4. Ketua Pemuda Melayu Jakarta: Pemerintah Harus Lebih Memikirkan Rakyat Kecil

-Berita, Opini-315 views

PPKM Level 4. Ketua Pemuda Melayu Jakarta: Pemerintah Harus Lebih Memikirkan Rakyat Kecil

JAKARTA– Keputusan Pemerintah dengan melanjutkan PPKM merupakan upaya bersama untuk menekan penyebaran Covid-19, Namun sisi lain hajat hidup masyarakat terutama rakyat kecil juga harus dipertimbangkan secara matang dan terukur. Hal ini menjadi perhatian Ketua Pemuda Melayu DKI-Jakarta Wanda Hernawan. Kamis (29/7).

Tokoh Pemuda asal Pontianak yang sering bersentuhan dengan masyarakat ini merasa prihatin dengan kondisi perekonomian masyarakat kecil saat ini. Menurutnya ketidakpastian kapan pandemi berakhir dan ekonomi terus terdegradasi serta aturan pembatasan yang terus berlanjut membuat masyarakat bawah semakin terpuruk. Ia pun mendaku sebagian anggota nya di Pemuda Melayu Jakarta ikut terdampak.

” Secara pribadi saya sangat prihatin melihat kondisi masyarakat terutama menengah ke bawah saat ini. Hidup ditengah ketidakpastian, sebagian anggota kami juga merasakan dampak dari kondisi sekarang,” Ujarnya.

Menurut Wanda pemerintah sebagai pemangku kebijakan harus totalitas berpihak dan mempertimbangkan hajat hidup rakyat kecil. Sehingga aturan yang buat di ikuti dengan terobosan solutif untuk rakyat. Wanda menilai perlu meninggkatkan estimasi anggaran bantuan sosial untuk masyarakat kecil jika ingin membatasi ruang gerak mereka.

” Pemerintah saat ini memang sudah menggelontorkan dana besar untuk membantu masyarakat, tetapi menurut saya belum menyentuh sasaran yang tepat. Saya sepakat dengan Pemikiran Ekonom Senior Dr.Rizal Ramli dalam cuitannya, Menurutnya pemerintah harus mendata sekian juta masyarakat miskin di Wilayah Rawan/Zona Merah kemudian anggarkan Ratusan Triliun untuk memenuhi hajat hidup mereka, misalnya dengan besaran 1 Juta Per-Bulan. Jika seperti itu Lockdown pun tidak masalah. Saya yakin pemerintah mampu melakukan itu jika benar ingin menyelamatkan rakyat kecil. Tunda dulu proyek-proyek besar dan fokus untuk penangangan pandemi secara masif dan menyeluruh,” Ujar Pengurus Pusat Pemuda Pancasila dan Hipmi Pusat ini.

Selain itu, Wanda juga berharap adanya skema permodalan untuk membantu UMKM yang terdampak pandemi dengan platform keuangan yang mudah dan murah untuk di akses pelaku usaha. (Az)

Comment

News Feed