by

Polres Sanggau Gelar Simulasi Penanganan Jenazah Covid-19

TepianKapuas.Com, SANGGAU — Polres Sanggau laksanakan kegiatan Simulasi Penanganan, Pemulasaran Jenazah dalam Situasi Pandemi Covid-19 di tribun promoter Mapolres Jalan Jend.Sudirman, Kecamatan Kapuas. Senin (27/4) sekira pukul 10.00 WIB.

Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, S.IK, MH, serta dihadiri para Kabag, Kasat, Kasi, Perwira Staf, dan Personil Polres Sanggau yang terlibat dalam Sprint Kapolres Sanggau dalam Simulasi Penanganan, Pemulasaran Jenazah Situasi Pandemi Covid-19.

Kapolres Sanggau, AKBP Raymond M. Masenggi memberi mengatakan kegiatan simulasi yang dilaksanakan hari ini sebagai gambaran tentang tata cara penanganan Jenazah yang diduga terinfeksi virus corona sesuai dengan Protokol penanganan Covid-19.

” Melalui kegiatan simulasi ini Personil Polres Sanggau siap mengantisipasi jika terdapat keterbatasan tenaga kesehatan, TPTKP, kejadian tertentu korban terkait Covid-19 di wilayah Kab Sanggau,” Ujarnya.

Kapolres berharap Anggota di jajaran Polres Sanggau mengerti tentang tata cara Pemulasaran serta pemakaman Jenazah Covid-19 dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan diri dalam penanganan jenazah korban Covid-19.

” Melalui kegiatan simulasi ini Personil Polres Sanggau siap mengantisipasi jika terdapat keterbatasan tenaga kesehatan, TPTKP, kejadian tertentu terkait Covid-19 di wilayah Kab. Sanggau,” Harapnya.

Adapun rangkaian skenario simulasi sbb :

a) Sekira jam 09.30 WIB tim mendapat Informasi dari masyarakat tentang adanya Mayat seorang laki-laki yang tergeletak di Terminal Bis Sanggau.

b) Tim Covid-19 Polres Sanggau berkumpul dengan APD penanganan Jenazah, ketua Tim Ipda Narsin memberi AAP dan utk kendaraan serta pers disemprot antiseptik lebih dulu sebelum berangkat menuju ke TKP.

c) Tim memasang Police Line, Olah TKP, melakukan penanganan pertama Mayat di TKP sesuai prosedur penanganan Covid 19, semprot antisipasi pada mayat, membungkus dg plastik dan dimasukkan ke kantong mayat serta dibawa ke Rumah Sakit.

d) Dalam skenario pihak RS tidak ada yang bisa menangani krn sedang ODP, selanjutnya Tim melaksanakan Pemulasaran jenazah dimulai dg membungkus, disemprot, dikafani, disemprot, dibungkus plastik dan dimasukkan dalam kantong jenazah, dimasukkan ke peti mati, prosesi agama sesuai agama yang dianut, saat jenazah akan dibawa, ada pihak keluarga yang tidak terima atas perlakuan jenazah dan minta utk dibuka, selanjutnya Tim Reskrim, Intel, Binmas dan Sabhara menenangkan pihak Keluarga melalui penggalangan, pers Binmas menghimbau warga masyarakat utk tetap menjaga jarak dan tidak mendekati liang lahat, selanjutnya pemakaman jenazah oleh Tim.

e) Tim Covid-19 Polres Sanggau melaksanakan pemakaman sesuai dengan protokol penanganan jenazah Covid-19 dengan APD lengkap.

Sumber : Humas Polres Sanggau
Penulis : Azmi

Comment

News Feed