by

Politisi Muda Sambas Bagi Tips Sukses di Era Digital

Pemuda harus memanfaatkan era digital sebagai sarana aktualisasi diri hingga menebar manfaat untuk mendorong kemajuan daerah

SAMBAS – Teguh Apriandi, Pemuda dari kalangan millenial yang baru dipercaya mengemban amanah sebagai Sekretaris Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sambas berbagi tips menjadi pemuda sukses di era digital dan era global untuk mendorong percepatan pembangunan. Jumat (1/1).

Sebagai pemuda yang sukses berkiprah dibidang politik, jiwanya merasa terpanggil untuk meng-optimal-kan potensi kaum muda khususnya dalam memanfaatkan perkembangan teknologi agar dapat menebar manfaat untuk pribadi, masyarakat sekitar dan daerah. Karena teknologi merupakan sarana yang dapat menunjang kreatifitas, inovasi dan publikasi.

” Pemuda adalah stock leader maupun stock manusia masa depan, manusia dalam arti kata dapat memanfaatkan akal, jiwa, dan raganya sebaik mungkin dalam hal yang positif. Saat ini, dengan kemajuan teknologi dunia ada di tangan kita, hampir semua orang memiliki hp dengan aplikasi yang bisa mengakses apapun, sehingga mudah terhubung kepada siapapun dan dimanapun, baik di bidang sosial, budaya, ekonomi dan politik. Saya sangat bangga melihat pemuda yang mampu memanfaatkan momen ini, berkreatifitas dan akrab dengan IT, Misalnya seperti jualan online untuk memenuhi kebutuhan, bahkan ada yang berpenghasilan lebih karena memanfaatkan momen dan fasilitas teknologi yang terbarukan sekarang ini,” ujarnya.

Menurut Teguh, Pandemi Covid-19 sekarang ini secara otomatis mengubah pola hidup manusia menjadi lebih ekslusif, peran teknologi lebih dominan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Selain itu, Akses yang tidak terbatas juga memungkinkan untuk memperluas jangkauan pasar. Dalam perspektif daerah khususnya Sambas, kreatifitas dan inovasi pemuda dalam memanfaatkan teknologi tentu sangat berpengaruh dalam mempromosikan produk lokal, hasil alam dan seni budaya sehingga semakin dikenal dan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung.

” Pergantian Tahun 2021, kita akan menghadapi tahun yang berbeda dengan sebelumnya, dimana saat ini akibat pandemi Covid 19 kita harus memanfaatkan pasar sebaik mungkin melalui HP ini. buat aplikasi penjualan untuk memasarkan produk lokal kita agar diketahui dengan mudah oleh masyarakat luar Sambas, baik domestik maupun mancanegara
Karena peluang ekspor terbuka seperti di Malaysia – Kuching yang berbatasan langsung dengan Aruk Kabupaten Sambas.” Kata Teguh.

Teguh juga menyarankan, dalam memanfaatkan teknologi pemuda harus lebih objektif dalam menilai informasi yang beredar. ” Dalam aktualisasi diri melalui dunia digital juga harus sesuai fakta yang ada. Hindari menyebar hoax yang belum jelas benar salahnya,” Tambahnya. (Az)

Profile Singkat Teguh

Teguh Apriandi adalah pemuda kelahiran Pemangkat, 22 April 1991. Ia berasal dari Desa Serumpun Buluh Kecamatan Tebas. Meskipun mengabdikan diri di ranah politik, latar pendidikan formalnya yakni Sarjana Pendidikan lulusan IKIP PGRI Pontianak, namun sejak di bangku kuliah Teguh sudah menunjukan potensinya sebagai politisi dengan aktif di berbagai kegiatan dan organisasi kemahasiswaan. Ia pun melanjutkan tradisi sebagian besar mahasiswa asal Sambas yang berhasil menjadi aktivis mahasiswa di Kalimantan Barat. Tercatat Teguh pernah memimpin Organisasi Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Ilham IKIP PGRI Pontianak, Ketua di Gerakan Mahasiswa Sambas Peduli Pendidikan (GMSPP) dan Pusat Komunikasi Daerah (Puskomda) Lembaga Dakwah Kampus Kalbar. Teguh juga aktif di Himpunan Mahasiswa Geografi IKIP Pontianak dan sebagai kader Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Dalam dunia politik Didunia profesional Teguh tidak membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan rekam jejaknya dengan profesi yang ia geluti, yakni sebagai Perangkat Desa Serumpun Buluh, Asisten Fasilitator Kecamatan Silat Hulu Program GSC, Tenaga Ahli Fraksi PKS DPRD Kabupaten Sambas dan Ajudan Pribadi Bupati Sambas Periode 2015-2020. Berbekal itu semua hingga akhirnya di dapuk sebagai Sekertaris DPD PKS Kabupaten Sambas, sebelumnya Teguh pernah menjadi Ketua DPC Kecamatan Tebas dan Ketua Bidang Kepemudaan DPD PKS Kabupaten Sambas.

Comment

News Feed