by

Ikhtiar Tolak Sebaran Covid-19, Raja Sanggau Gelar Ritual Paradje’ Bersih Negeri

-Budaya-1 Views

TepianKapuas.Com, Sanggau — Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Drs H Gusti Arman M Si memimpin langsung paradje atau ritual adat membersih negeri, Minggu (22/3/2020).

Paradje ini merupakan ritual dengan cara berjalan kaki mengitari kota Sanggau dan kembali ke Keraton Surya Negara. Kemudian saat paradje ini diikuti ratusan kerabat serta laskar Keraton Surya Negara tersebut.

Adapun momentum pelaksanaan paradje ini, merupakan salah satu upaya memanjatkan doa agar terhindar dari virus Covid 19, yang saat ini sudah menjadi bencana nasional.

Dalam ritualnya sepanjang jalan yang dilewati memanjatkan doa, lafaz sholawat dan berikhtiar.

Pangeran Ratu Surya Keraton Surya Negara Sanggau, H. Gusti Arman usai memimpin ritual adat Paradje’ bersih negeri mengampaikan ritual paradje’ ini merupakan upaya Keraton Surya Negara untuk menangkal atau membuang hawa – hawa yang buruk atau penyakit yang datang di Kabupaten Sanggau.

“Ini merupakan ikhtiar kita. Dan hal serupa juga dilaksanakan pendahulu Keraton Sanggau, jika ada situasi yang mengkhawatirkan. Semoga dengan ritual yang kita adakan ini semua musibah dan wabah penyakit termasuk covid-19 ini tidak sampai masuk di wilayah Kabupaten Sanggau yang kita cintai ini,” ungkap pria yang dikenal dekat dengan berbagai kalangan ini.

Sejatinya kata bapak empat putri ini ritual paradje’ ini juga merupakan rangkaian peringatan HUT ke-404 Kota Sanggau. Danmerupakan anjuran dari Bupati Sanggau.

“Pak Bupati Paolus Hadi juga meminta kepada kita pihak Keraton Surya Negara untuk melaksanakan ritual paradje’ bersih negeri ini. Ritual ini juga bukti komitmen kita pihak Keraton Surya Negara untuk bersama – sama Pemkab Sanggau melaksanakan upaya menangkal penyebaran covid-19 yang saat ini menjadi bencana nasional. Termasuk juga bencana-bencana lainnya agar tidak terkena wilayah Kabupaten Sanggau,” papar pria yang akrab disapa Pak Teh ini.

Penulis : Sary Tayan (Radar Kalbar)

Editor : Azmi

Comment

News Feed