by

Heboh Hujan Es Di Sekadau, Begini Fenomenanya

TepianKapuasCom, SEKADAU — Warga di hebohkan dengan fenomena hujan es yang terjadi di Kota Sekadau pada Sabtu (22/8) Sekitar Pukul 21.30 WIB.

Fenomena tak biasa tersebut bermula saat terjadi angin kencang dan curah hujan yang tinggi. Warga yang merasa ada kejanggalan terjadi disaat terdengar seperti benda keras menghujam atap rumah, keluar memeriksa, ternyata benda tersebut hujan yang berbentuk bongkahan es.

Atas kejadian ini terjadi kerusakan pada beberapa bangunan di pasar Sekadau.

” Seperti hujan biasa, ada benda jatuh di atas atap lalu terpental ke teras. Setelah di cek ternyata bongkahan es, bahkan dicicipi rasanya sama dengan batu es biasa,” Kata Abdurrazak Warga Sungai Ringin Sekadau. Minggu (23/8).

Dikutip dari TribunNews.Com. berdasarkan Analisis BMKG, Faktor kuat pemicu terjadinya hujan es adalah gaya angkat massa udara yang kuat, sehingga uap air dengan mudah naik ke atas menjadi awan cumulonimbus yang besar, menjulang tinggi dengan dasar awan yang rendah.

Satelit cuaca mendeteksi adanya penurunan suhu puncak awan pada pukul 21.00 WIB hingga -80 derajat celcius.

Suhu yang sangat rendah tersebut mengindikasikan adanya es pada struktur awan cumulonimbus.

Terbentuknya es dengan ukuran yang besar, sehingga ketika jatuh tidak semuanya mencair.

Masih menurut BMKG, hujan es sering terjadi pada musim peralihan, atau ketika sudah beberapa hari tidak hujan dengan pemanasan yang kuat.

Pemanasan yang kuat ini terlihat dengan banyaknya kemunculan titik panas.

Kejadian hujan es sering disertai dengan angin kencang berdurasi singkat.

BMKG menyatakan, berdasarkan pantauan citra satelit cuaca, terdeteksi banyak terdapat awan cumulonimbus saat hujan es terjadi di Sekadau.

Suhu puncak awan juga terdeteksi turun hingga -80 derajat celcius pada pukul 21.00 WIB.

Penulis : Azmi

Comment

News Feed