by

AFRI Landak Dukung Reboisasi Kawasan Hutan Mandor

-Berita-767 views

TepianKapuas.Com, LANDAK – Dewan Perwakilan Daerah Ampibi Reptil Indonesia (DPD AFRI) Kabupaten Landak turut serta dalam memeriahkan Acara Penanaman 2000 Pohon di Kawasan Hutan Mandor. Selasa (10/12)

Kegiatan terselenggara atas kerjasama antara Komunitas Lindungi Hutan Kabupaten Landak, Masyarakat Mandor dengan Pemda Landak. Dan di buka langsung oleh Bupati Landak, Karolin Margret Natasha.

Kegiatan ini fokus pada reboisasi hutan bekas penambangan emas di Daerah Mandor.

Ketua AFRI Landak, Muhardiansyah menarik kesimpulan bahwa ekologi di sekitaran Mandor sudah hampir rusak.

Hal ini setelah pihaknya melakukan pengamatan dan ‘ Herping ‘ pada lokasi tersebut. Hasilnya, sedikit sekali satwa amfibi dan reptil yang berada disana.

“Hutan ini merupakan hutan bekas galian tambang secara besar-besaran, zat-zat kimia yang terkandung di penambangan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan ekologi tidak layak untuk ditinggali satwa amfibi dan reptil, maka perlu sekali melakukan aksi-aksi seperti ini untuk meremajakan kembali bekas tambang agar layak di huni satwa amfibi dan reptil maupun hewan lainnya.” Ujarnya

Muhardiansyah berharap adanya upaya serius dan kerja sama yang baik dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat untuk menjaga dan melakukan perbaikan kawasan hutan agar tercipta keseimbangan ekologi. Sehingga dapat memberikan ruang yang layak bagi kehidupan hewan dan tumbuhan. (Azmi)

Comment

News Feed